Latar Belakang
1. Yayasan atau company
- Apa itu Tree Saviour Indonesia ?
Tree savior Indonesia adalah sebuah perusahaan yang memfokuskan akan bahaya Pemanasan Global terutama akibat dari penggundulan pohon.
- Sejak kapan Tree Saviour Indonesia ada ?
Tree Saviour Indonesia dibentuk pada 1 Februari 2008 oleh Gabriella Zarach, karena kepeduliannya akan pohon – pohon yang semakin lama semakin sering digundulkan.
- Visi dan Misi dari Tree Saviour Indonesia
Visi : Menanamkan rasa kepedulian masyarakat akan pohon dan turut melestarikan pohon.
Misi : Membuat Indonesia menjadi kepulauan yang asri dan nyaman dengan pohon – pohon, dan menanamkan rasa pedili akan pohon dan memaksimalkan penggunaan barang yang terbuat dari pohon dan mengurangi pemakaian barang – barang yang banyak terbuat dari pohon.
- Motto : Save Forest for a Better Future
- Website : www.treesaviourindonesia.multiply.com
2. Tema
Tema yang kami angkat adalah tentang Global Warming akan tetapi lebih spesifiknya kami membahas akan penebangan hutan yang semakin besar sehingga meningkatkan Global Warming ( biasa diartikan bumi yang semakin lama semakin panas). Kami akan menjelaskan akan 5W+1H ( What, When, Who, Why, Where, and How ).
What ? (Apa itu Global Warming ? )
Global Warming adalah peningkatan suhu di dalam atmosfir bumi disebabkan oleh emisi Gas Rumah Kaca (terutama CO2) yang bertahan di stratosfer yang kemudian menghalangi pemantulan kembali radiasi sinar matahari dari bumi keluar angkasa. Secara alami, bumi hanya menyerap sebagian kecil radiasi sinar matahari yang masuk ke atmosfir, kemudian sebagian besar akan dipantulkan lagi ke luar angkasa. Namun karena adanya gas rumah kaca di lapisan stratosfer, radiasi tersebut tidak dapat keluar dari atmosfir bumi. Sehingga suhu di dalam atmosfir bumi akan menjadi lebih panas.
When ( Kapan akan dilakukan kampanye ini)
Perusahaan kami akan mengkampanyekan program kita pada awal Agustus sampai Mei 2010, karena kami akan mempromosikan dan mengajak masyarakat untuk ikut andil dalam pelestarian hutan kita ini. Dan setiap Kampanye, pada saat kami akan kampanye d mall – mall besar ataupun keci kami akan berada di sana selama sebulan. Hal ini bertujuan setiap orang dapat mengenal tree savior.
Who ( Kepada siapa kami akan mengkampanyekan program ini? )
Target kami adalah anak – anak sekolah dari kelas 3 sd- 6sd,smp,sma, dan pekerja). Kami memilih anak – anak karena hal ini sangat penting untuk diberitahukan kepada anak – anak dari dini, agar tidak terlambat program penyelamatan akan pohon – pohon yang ada di Jakarta. Selain itu juga kami ingin memberikan edukasi juga dan ingin menanamkan rasa cinta akan hutan kita terutama akan pohon kita yang semakin lama semakin dikit. Jadi kami akan mengajarkan bagaimana untuk menjaga pohon – pohon di Indonesia. Selain mengajarkan kepada anak – anak kami juga ingin menanamkan rasa peduli akan pohon kepada para pekerja, agar bisa ikut serta menjadi trree savior dalam kehidupan sehari – harinya.
Why (Kenapa kami harus mengkampanyekan program ini kepada masyarakat luas? itu banyak menggunakan pemutih
Karena menurut kami pohon di Indonesia semakin lama semakin berkurang, akibat banyak tangan – tangan masyarakat yang sembarangan menebang pohon itu secara sembarangan, dan tidak menggunakan hasil – hasil yang terbuat dari kayu secara maksimal. Banyak masyarakat di Indonesia yang menggunakannya secara sembarangan. Contoh : masih banyak anak – anak, bahkan para pekerja yang tidak menggunakan kertas secara maksimal, hanya menggunakannnya secara satu sisi saja. Masih banyak yang menggunakan sumpit kayu yang terbuat dari pohon. Selain terbuat dari pohon dan mengakibatkan pohon – pohon semakin berkurang tapi sumpit dari pohon pun tidak baik untuk kesehatan, karena pada saat pembuatannya itu memakai pemutih buatan untuk membuat sumpit tersebut menjadi putih.
Where ( Dimana kami akan mengkampanyekan program tree savior kami ? )
Kami akan mengkampayekan program ini ke sekolah – sekolah yang ternama sampai ke sekolah –sekolah yang biasa saja, dan di mall. Kami memilih sekolah yang ternama jugu karena menurut kami perhatian mereka akan kertas sedikit kurang karena menurut anak – anak sekolah yang kaya pasti akan merasa biasa saja, dan merasa untuk apa harus dibolak balik dalam penggunaan kertas. Karena menurut mereka, mereka sanggup membayarnya. Akan tetapi mereka tidak melihat dari segi pohonnya yang semakin lama semakin berkurang. Dan perubahan panas yang terjadi adalah karena akibat dari keborosan mereka dalam menggunakan kertas. Dan kami juga akan menanamkan rasa peduli akan pohon kepada para mahasiswa/i dan para pekerja pula. Agar mereka dapat memikirkan kehdupan generasi mendatang mereka yang ada di bawah mereka. Bagaimana keadaan mereka jika kehidupan generasi mendatang mereka dengan situasi cuaca yang semakin hari semakin panas dan bagimana mereka dapat bertahan hidup dengan lama jika pohon – pohon untuk melindungi mereka sudah tidak ada.
How ( Bagaimana kami akan mengkampanyekan program tree savior kami kepada masyarakat luas ? )
Kami akan memberikan edukasi kepada masyarakat akan situasi dan kondisi Indonesia dengan pohon yang semakin lama semakin berkurang, dan kami akan memberitahukan apa saja dampak – dampaknya jika kita tidak turut menguranginya dari sekarang. Seperti di sekolah – sekolah kami akan memberikan informasi atau edukasi kepada siswa/i yang berada di kota tersebut. Sebagai tindak lanjut dari yang kami beritahukan , kami akan mengajak mereka untuk menjadi tree savior dengan tidak menggunakan barang – barang yang terbuat dari pohon terlalu banyak, dan gunakan itu secara maksimal (seperti kertas, gunakan kertas dengmungkinkan gan maksimal di setiap sisinya) dan jika memungkinkan ganti sumpit yang terbuat dari kayu dan gantikan dengan sumpit yang baik. Di mall – mall kami juga akan memberikan edukasi yang sama kepada masyarakat luas, dengan memutarkan video – video yang menceritakan atau memberitahukan akan keadaan Indonesia sekarang, dan mengajak masyarakat turut menggunakan barang – barang yang terbuat dari pohon secara maksimal. Selain itu Tree Saviour juga mempnyai program untuk siswa/i,mahasiswa/i dan pekerja untuk ikut serta dalam program kami yaitu untuk menanam pohon yang akan kami selenggarakan dengan perusahaan lain.
3. Social Econonic
Sex : Pria dan Wanita
Econimic : a – d
Status : siswa/i, mahasiswa/i , dan pekerja
Demographic : orang – orang yang suka menggunakan barang yang terbuat dari pohon
secara tidak maksimal.
Geographic : Perkotaan
4. Arti konsep design
Logo Company
Kami menaruh pohon di tengah dengan dilingkari oleh orang – orang dengan banyak macam dan ciri khas. Ini melambangkan bahwa setiap diri kita tidak dilihat dari ras,warna kulit dan yang lainnya harus melindungi pohon kita secara bersama-sama dari tangan – tangan orang yang tidak menggunakannya secara bijaksana. Kami memilih comic sans karena tulisan dari comic sans itu tidak terlalu menempel oleh huruf dan lebih mudah dibaca.
Brosur
Kami menaruh pohon yang masih segar dan yang sudah hancur untuk menunjukkan keadaan hutan di Indonesia sudah menjadi seperti ini, kami berikan tampilan hitam di belakang pohon yang msih segar untuk menunjukkan bagian dalam hutan yang tidak terlihat dari luar. Kami menaruh sumpit,kertas,tissue, dan kotak box untuk menunjukkan bahwa hasil pohon yang telah ditebang oleh masyarakat lain dan menghasilkan barang – barang seperti tersebut. Kami juga menaruh logo company kami di pojok sebelah kiri, agar masyarakat yang mendapatkan brosur ini mengetahui akan perusahaan yang membuat program tersebut. Dan kami menaruh tulisan yang berupa pengetahuan akan keadaan kota sekarang ini.
Brosur untuk anak – anak berupa Pyramid
Brosur kami mebuat dua karena target kami ada yang anak sd. Oleh karena itu kami membuatnya dengan seunik dan semenarik mungkin. Agar anak – anak yang melihat brosur tersebut dapat dilihat dengan sangat baik dan dimengerti. Pertama, kami menaruh gambar pohon untuk menunjukkan bahwa focus yang akan kami bicarakan pertama kali. Kedua, Kami menaruh gambar yang we adore forest yang menunjukan bahwa bangunana – bangunan tinggi juga turut serta dalam pelestarian pohon. Dan gambar terakhir kami, kami meletakkan gambar recycle,reuse agar anak – anak mengetahui bahwa barang yang terbuat dari pohon tersebut dapat digunakan udan sewcara maksimal. Dan tidak lupa kami menuliskan akan kata – kata yang mengajak mereka untuk melakukannya
PIN
Kami memilih gambar perusahaan kami agar setiap tree savior merasa bangga dengan menjadi pencinta pohon. Kami juga memberikan motto perusahaan kami. Dan bentuk yang kami pilih adalah lingkaran, karena banyak yang ucup. Dan kami memilih warna orange dan kuning, untuk memberikan nuansa yang berbeda.
Postcard
Di sebelah kri kami menampilkan gambar pembakaran hutan secara liar, sementara yang terletak disebelah kanan adalah gambar pohon – pohon yang masih asri dan menyenangkan. Kami menaruh gambar ini untuk membuat masyarakat berpikir akan keadaan sekarang. Kami pun menuliskan motto dari perusahaan kami dan menaruh logo di sebelah kiri perusahaan kami dikamera.
T-shirt
T-shirt yang kami buat sangat simple. Karena kami hanya ingin menampilkan logo dan motto dari perusahaan kami.
5. Promo
Kami akan mengajak beberapa perusahaan untuk bekerjasama dalam melakukan program ini. Seperti Mandiri, Hoka – Hoka Bento, dan Bodyshop.
Mandiri
Kami akan bekerjasama dengan Mandiri dan akan mengadakan program MandiriSaviour. Jadi setiap orang yang menabung dalam program MandiriSaviour, turut membantu dan turut ikut andil dalam menggalang dana untuk penanaman pohon. Program penanaman pohon diberi takeline “1 man 1 tree”.
Dan Mandiri juga akan mengajak anak – anak sekolah,mahasiswa, pekerja(termasuk penabung di MandiriSaviour) untuk ikut serta dalam penanaman pohon tersebut. Selain itu juga program ini sangat baik karena akan meningkatkan citra untuk Bank Mandiri juga. Karena media akan meliput program tersebut dan anggapan masyarakat akan Mandiri sebagai Bank yang perduli terhadap lingkungan.
- Hoka-Hoka Bento
Kami akan bekerjasama dengan Hoka-Hoka Bento untuk mencari dana untuk penanaman pohon yang ada di Indonesia. Program yang akan kami jalankan adalah jika masyarkat membeli makanan untuk paket a,paket b, paket c, dan paket d akan mendapatkan brosur akan ‘TreeSaviour’. Pembeli sudah membantu untuk dana penanaman pohon sebesar Rp. 50,- per orang.
Dan melalui program ini masyarakat dapat semakin mengenal akan adanya ‘TreeSaviour’ dan dapat pula menjadi TreeSaviour dalam kehidupan sehari-harinya.
- Bodyshop
Kami akan bekerjasama dengan Bodyshop. Program yang akan kami jalankan untuk mencari dana untuk dapat memperbanyak penanaman pohon yang ada di Jakarta. Dengan pembelian produk Bodyshop apa saja sudah membantu Rp. 500,- per orang. Kami bekerjasama dengan Bodyshop karena Body shop sendiri adalah suatu perusahaan yang ingin menunjukkan bahwa Bodyshop adalah perusaan yang memperhatikan lingkungan. Dengan less packaging and less paperbag.
Kamis, 08 April 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar